Panggung,Argomulyo,Cangkringan,Sleman,Yogyakarta (0274)2860007

PUSKESMAS CANGKRINGAN

GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT ( GERMAS )

Pada hari Jumat tanggal 19 Juli 2019 Puskesmas Cangkringan bersama dengan Kecamatan Cangkringan melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di SDIT Baitussalam 2 yang beralamat di dusun Salam Wukirsari Cangkringan. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Anak Nasional yang bertepatan pada tanggal 23 Juli 2019. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Tema yang diangkat adalah “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Senam Germas Sembada dalam Rangka Hari Anak Nasional”. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi senam, cuci tangan dan sikat gigi bersama yang diikuti oleh siswa kelas 2 dan kelas 3 SDIT Baitussalam 2. Dalam acara tersebut juga hadir Bapak Camat Cangkringan, Kepala UPT Yandik dan juga Kepala Puskesmas Cangkringan. Bapak Ir. Suparmono, MM selaku camat Cangkringan menyampaikan pesan kepada siswa siswi SDIT Baitussalam mengenai pentingnya hidup sehat agar mencapai prestasi dan cita-cita yang diinginkan. Kepala Puskesmas Cangkringan Bapak Sugeng Budi Setyo Purnomo,ST juga memberikan motivasi dan semangat dalam acara tersebut agar siswa siswi antusias dalam mengikuti kegiatan GERMAS. Sebelum mempraktekkan cuci tangan dan sikat gigi bersama, siswa-siswi juga diajarkan mengenai cuci tangan dan sikat gigi dengan benar. Kemudian dilakukan praktek bersama dengan didampingi oleh petugas Puskesmas.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan GERMAS ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran anak-anak mengenai pentingnya kesehatan, selain itu agar anak-anak dapat menerapkan bagaimana 7 langkah cuci tangan dan juga menyikat gigi dengan baik dan benar. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di institusi pendidikan juga sangatlah penting untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat. Maka dari itu, dengan dilaksanakannya kegiatan GERMAS dapat membantu meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.

Kegiatan GERMAS di sekolah tersebut merupakan tahun kedua setelah tahun lalu dilaksanakan di Kepuharjo. Rencananya kegiatan tersebut akan berlanjut pada tahun berikutnya dan bergilir di SD yang berbeda. Kepala SDIT Baitussalam 2 juga memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada Puskesmas Cangkringan serta Kecamatan Cangkringan terhadap kegiatan ini, harapan kedepannya siswa-siswi SDIT Baitussalam 2 dapat menerapkan apa yang telah didapatkan dalam kegiatan ini.

Penulis : Eva Nurlaili

Leave a Reply